Cara Mudah Membuat Layanan Contact Us di Blog atau Website

As-salamu'alaikum, malem sobat blogger, pada kesempatan malam hari ini saya akan share kepada sobat semua tentang Cara Mudah Membuat Layanan Contact Us di sebuah Blog atau Website. Form contact us merupakan pilihan alternatif bagi pengunjung blog atau website, ketika mereka ingin berkomunikasi secara pribadi kepada admin atau pemilik dari sebuah blog.

Sebagaimana telah sobat ketahui setiap kita mengunjungi sebuah blog, form contact ini mempunyai nama yang berbeda-beda, ada yang menyebutnya sebagai kotak saran, konta kami, hubungi kami dan dengan nama lainya. Akan tetapi blog saya sendiri form ini saya kasih nama dengan Hubungi Kami.

Kelebihan Menggunakan Form Hubungi Kami
  1. Pengunjung dapat menyampaikan sebuah pertanyaan dari topik artikel atau konten di blog mereka yang belum faham atau kurang jelas, dan dengan jawaban pertanyaan yang kita berikan pengunjung dari blog kita bisa merasa senang dan puas, dan sebagai imbal baliknya mereka akan senang untuk kembali mengunjungi blog atau website kita.
  2. Dengan adanya form Hubungi kami, pengunjung juga bisa memberikan saran atau kritikkanya kepada kita dan kita akan mudah untuk melakukan perbaikan atas layanan yang kita berikan dan kedepannya bisa menjadi lebih baik lagi.
  3. Layanan Contact person atau hubungi kami ini juga merupakan salah satu syarat ketika kita hendak mendaftar GOOGLE ADSENSE.
Walaupun layanan ini mempunyai kelebihan, akan tetapi juga mempunyai kekurangan, yaitu salah satunya, penyalahgunaan oleh pengunjung yang terkadang mengirimkan pesan yang tidak penting, tidak jelas dan terkadang bisa membuat kita kesal atau marah. Tapi itu mungkin hanya segelintar orang saja kog yang tidak mempunyai kerjaan.

Untuk Cara membuat layanan Hubungi kami atau contact me ada banyak sekali macamnya, kita bisa membuat sendiri ketika kita paham dengan script HTML, kalau ternyata kita tidak mengerti akan hal itu kita bisa menggunakan layanan pembuatan online, Gratis lagi, mau? 

Sobat blogger, penyedia layanan pembuat contact us ini terbilang lumayan banyak, dan salah satu yang akan kita jadikan contoh pada kesempatan kali ini adalah layanan Contact dari 123Form. Berikut ini langkah-langkah cara membuatnya :
  1. Silahkan anda masuk ke situs 123Form
  2. Buatlah akun pada websiter tersebut dengan melakukan SIGN UP FOR FREE.
  3. Pilih saja layanan pembuatan yang free atau gratisan biasanya letaknya dibagian kiri.
  4. Isikan formulir pendaftaran yang di perlukan
  5. Kemudian untuk selanjutnya sobat akan dihadapkan dengan berbagai menu layanan, untuk kali ini karena tujuan kita adalah membuat sebuah form contact us maka kita pilih menu Contact & lead form.
  6. Setelah itu form contact us akan tampil dan silahkan melakukan pengeditan sesuai dengan selera anda dengan menggunakan tool yang telah disediakan dibagian kiri dari tampilan form, cara dengan meng klik bagian mana yang akan kita ubah otomatis disamping akan ada bagian pengeditan.
  7. Setelah selesai melakukan pengeditan silahkan Publish.
  8. Terakhir silahkan sobat pilih Blogger dan disitu akan ditampilkan script HTML dari form yang telah kita buat tadi, selanjutnya Copy semua code dan paste kan pada laman Contact us.
Untuk memasangnya atau menaruhnya di blog sobat semuanya harus membuat laman baru. Untuk caranya silahkan sobat blogger masuk ke dasbord blogger kemudian pilih laman, dan buat laman baru dengan mode HTML. Setelah itu sobat Paste script yang telah anda copy tadi dan berikan judal Hubungi kami atau contact us atau yang lainya kemudian publikasikan.

Sampai pada langkah ini saya ucapkan selamat sobat telah berhasil membuat form Hubungi kami, bagaimana mudah banget kan sobat blogger? Akhirnya sekian dulu tulisan saya ini semoga bisa bermanfaat dan mudah untuk dipraktekkan, selamat mencoba semoga berhasil :)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url